Buku Tamu

Limbuong Pusaka


Asal Kata MONGONDOW “ MOMONDOW ”


Jauh sebelum zaman besi yang masih dapat dikatakan Daerah Totabuan ini masih primitif, maka pada saat itu memang sudah ada pimpinan penduduk yang dipandang sebagai Radja yang bertanggung jawab terhadap wilayah-wilayah atau daaerah dimana Bogani-Bogani itu berada.

Pada suatu saat yang dipandang sebagai Radja yang bernama "Punu Modeong" (Punu = Radja sedangkan Modeong adalah nama) telah memerintahkan kepada 2 orang Bogani, 1 Bogani bernama Bulu berasal dari dataran Lolayan sedangkan Bogani Lumengku' berasal dari Tudu in Sia' (Gunung Sia) untuk mencari ikan (berburu babi) untuk makanan Radja.

Bogani ki Bulu ini sudah mendapatkan satu ekor babi yang agak kecil, sedangkan Bogani ki Lumengku pada saat itu belum juga mendapatkan babi, maka untuk itu ki Bulu memerintahkan pada ki Lumengku untuk mencari air guna dipakai pada pembantaian/pencuci daging babi tersebut.

Bogani Ki Lumengku ini kesana-kemari mencari air tapi juga tidak ditemukan mata air. Lalu ia Nomondow dalam bahasa Totabuan tidak ada air.

Akhirnya Bogani ki Bulu ini mengambil tongkatnya lalu menikamkan ketanah dan karena berkatnya " I Togu Inta Kitogi Kahendak ", berbunyilah tongkat itu RUUUKK pertanda bahwa ada mata air dimana tongkat itu ditikamkannya.

Kemudian Bogani Ki Bulu berkata pada Bogani Ki Lumengku, tidak usahlah engkau Momondow dan mari gali tempat ini, sebab disini ada mata air. Mata air itulah yang menjadi Sumur Pusaka yang terletak di desa yang sekarang ini Desa Mongondow yang telah dicari dan digali dibawa penyelidikan oleh pejabat BKDH (Bupati Kepala Daerah Bolaang-Mongondow Bpk. Oemaroeddin N. Mokoagow pada tanggal 27 Desember 1972 bersama-sama dengan Ketua DPRD Kabupaten Bpk. Ismail Tolat, anggota DPRD Kab. Bpk. Zakaria P. Mokoagow, serta ajudan BKDH Bpk. F. Manoppo, BA ).

Kembali kita pada zejarah penggalian sumur tadi oleh Bagani Ki Bulu dan Bogani Ki Lumengku. Lalu mereka membantai babi tadi kemudian dibuatlah satu tempat Pufu  (tempat pemanggangan) atau Totaboian Mointok dan disanalah tempat mereka membagi hasil perburuannya. Mereka juga membuat Totaboian Moloben ditempat yang sekarang di sebut Desa Motoboi Besar. Sedangkan Totaboian Mointok ialah Desa Motoboi Kecil.

Tempat wilayah perburuan ialah wilayah selatan batas Desa Motoboi Kecil ke Desa Motoboi Besar adalah tempat berburuhnya Bogani Ki Bulu sedangkan dari Desa Motoboi Kecil ke Desa Motoboi Besar ke utara adalah tempat berburunya Bogani Ki Lumengku.

Demikianlah sekedar sejarah ringkas mengenai "Limbuong Pusaka " yang terletak di Desa Mongondow yang pernah Kinunsi' in Singo', In Manuk karena Ai Tomambai Tonga' Aindon Binuka in Tonawat in Totabuan; ialah Pejabat BKDH BM (Bupati Kepala Daerah Bolaang-Mongondow) Bpk. Oemaroeddin N. Mokoagow.

Referensi :
Z.P. Mokoagow (Mendapat Gelar Tonawat). Buku Himpunan Catatan Pra-Sejarah Totabuan.(tanpa tahun , perkiraan sekitaran 1972 sesuai umur dan tahun kejadian).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Lipu' Kobayagan - All Rights Reserved.
Proudly powered by Blogger